Jumat, 10 Maret 2023

Pendaftaran Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024

 


Sampai saat ini, masih ada sekolah di Indonesia yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka. Bagi sekolah yang ingin menerapkannya masih dibuka kesempatan untuk mendaftarkan diri.

Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 untuk sekolah sudah dibuka mulai tanggal 6 Februari 2023 pukul 18.00 WIB sampai Jumat, 31 Maret 2023 melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) dengan mengakses http://guru.kemdikbud.go.id/pendaftaran-ikm. Begitu juga dengan Kurikulum Merdeka Mandiri sudah dibuka bagi satuan pendidikan yang ingin mengimplementasikannya.

Sekolah yang dapat mendaftar Kurikulum Merdeka Mandiri adalah satuan pendidikan yang ada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Melansir dari laman Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbud Ristek, Selasa, 7 Februari 2023, pada periode pendaftaraan kali ini opsi implementasi Kurikulum Merdeka masih sama seperti sebelumnya. Yakni Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi.
Berikut ini keterangan kriteria tiga opsi tersebut;
  1. Mandiri Belajar: Satuan pendidikan menggunakan struktur Kurikulum 2013 dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan beberapa prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen;
  2. Mandiri Berubah: Satuan Pendidikan menggunakan struktur Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen;
  3. Mandiri Berbagi: Satuan Pendidikan menggunakan struktur Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikannya dan menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen, dengan komitmen untuk membagikan praktik-praktik baiknya kepada satuan pendidikan lain.

Pendaftaran Kurikulum Merdeka
Bagi sekolah atau satuan pendidikan yang akan mendaftar Kurikulum Merdeka, perlu tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Berikut informasi lengkapnya:
  1. Pahami status satuan pendidikan apakah: Pendaftar baru Sudah mendaftar di tahun 2022;
  2. Unduh aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) minimal versi 1.26.0 atau mengakses laman guru.kemdikbud.go.id;
  3. Memiliki akun Belajar.id – yang terdata sebagai kepala sekolah (tidak terbatas pada domain admin.belajar.id;
  4. Mengikuti alur pendaftaran hingga selesai;
  5. Surat izin dari yayasan bagi satuan pendidikan swasta (format surat dapat diunduh di PMM) atau unduh format Surat Persetujuan dari Yayasan di laman di bawah ini.

Bagi satuan pendidikan yang sudah mendaftar di tahun 2022 juga perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini:
  1. Seluruh satuan pendidikan yang sudah mendaftar di tahun 2022 dapat melakukan refleksi dan melanjutkan atau mengubah opsinya;
  2. Satuan pendidikan yang sudah terdaftar Mandiri Belajar di tahun 2022 bisa memilih seluruh opsi Kurikulum Merdeka di tahun 2023;
  3. Satuan pendidikan yang sudah terdaftar Mandiri Berubah di tahun 2022 bisa memilih opsi Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi di tahun 2023;
  4. Satuan pendidikan yang sudah terdaftar Mandiri Berbagi di tahun 2022 hanya bisa melanjutkan opsi Mandiri Berbagi di tahun 2023.
Pendaftaran Kurikulum Merdeka di tahun 2023 ini bisa dilakukan oleh kepala sekolah, plt. Kepala sekolah, atau guru yang memiliki akun Belajar.id yang terdaftar sebagai kepala sekolah.

Pendaftaran juga dapat dilakukan oleh wakil kepala sekolah, guru, atau admin sekolah dengan menggunakan akun Belajar.id kepala sekolah atas persetujuan kepala sekolah. (korwil purwosari)

Unduh Panduan Pendaftaran Kurikulum Merdeka TA2023_2024 dan Form-Surat-Persetujuan-Yayasan di bawah ini
1. Panduan Pendaftaran Kurikulum Merdeka TA2023_2024 di PMM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar